Saturday, October 24, 2009

Waspadai Iklim 5 Tahun Lagi


INILAH.COM, Jakarta – Belum banyak perhatian dunia tercurahkan untuk isu perubahan iklim. Padahal, lima tahun lagi dampaknya mulai terasa.
“Efek negatif perubahan iklim yang pertama kali muncul akan dirasakan dalam kurun waktu lima tahun. Untuk Asia Tenggara, ini berarti peningkatan level ait laut sebanyak kurang lebih 80 cm,” ujar Dubes Inggris Martin Hatfull di Kedubes Inggris, Jakarta, Kamis (23/10).
Artinya, lanjut Martin, lebih dari 33 juta orang akan mengalami kebanjiran. Demikian pula dampak seriusnya pada ekosistem laut karena terumbu karang dan daerah perikanan komersil menghilang.
Guna menunjukkan kepedulian terhadap dampak climate change, kedubes Inggris meluncurkan peta iklim yang menunjukkan timbulnya dampak negatif jika dunia gagal mencegah bahaya perubahan iklim atau jika suhu rata-rata bumi meningkat hingga 4 derajat Celcius.
Sebagian besar pemerintahan dunia berkomitmen untuk tidak mencapai pemanasan lebih dari dua derajat demi menghindari dampak negatif itu.
Namun, emisi telah meningkat sebanyak 3% per tahun dalam 17 tahun terakhir sejak Earth Summit 1992 atau saat pertama kalinya negara-negara sepakat untuk mencegah global warming. [vin]

0 comments: