Thursday, October 22, 2009

Mengapa Yerusalem Paling Religius?


INILAH.COM, Jakarta- Penelitian baru mendapatkan penyebab kota Yerusalem menjadi salah satu yang paling religius. Itu dimulai pada 1000 SM, ketika sistem air kota Jebusite membuktikannya.
Dalam analisis dokumen sejarah yang baru, serta peta geologi yang terperinci, Michael Bramnik dari Northern Illinois University mengatakan geologi sebagai momentum penting dalam sejarah manusia.
"Para ahli geologi memainkan peran utama dalam pemilihan daerah ibukota Israel," kata Bramnik.
Itu terbukti dan menjadi keputusan yang bijaksana. Salah satu penerus Raja Daud, Raja Hizkia melihat gerombolan Asiria suka berperang dan jauh lebih unggul daripada kota-kota di wilayah tersebut.
Takut mereka akan segera datang ke Yerusalem, ia mengambil keuntungan dari landasan batu kapur yang ada dan menggali terowongan sepanjang 550 meter untuk mengalihkan air musim semi ke dalam tembok benteng kota.
Orang-orang Asiria mengepung kota itu pada tahun 701 SM, tetapi gagal menaklukkannya. Dan menjadi satu-satunya kota dalam sejarah yang berhasil menangkis serangan mereka. "Bertahan dalam pengepungan Asiria mempengaruhi pikiran orang bahwa iman mereka yang menyelamatkan mereka," kata Bramnik.
"Jadi ketika mereka ditaklukkan oleh Babilonia pada tahun 587, mereka merasa itu karena iman mereka telah goyah," tambahnya.
"Saya pikir struktur geologi Yerusalem dan Israel masih penting bagi kehidupan di wilayah itu, bahkan mungkin sampai ke arena politik," katanya.[ito]

0 comments: